Teknologi Robot Kubus


Dimasa modern ini kita telah dikejutkan dengan berbagai terknologi yang membuat kita tercengan takjub bahkan dengan dengan teknolagi tersebut membantu perkerjaan manusia sehingga lebih efisien dan perfek dalam hasilnya. Terkadang ada suatu bagian perjaan yang tidak bisa dilakukan oleh manusia melainkan teknologi seperti teknologi robot. Dari semua hasil penemuan teknologi yang telah terciptakan tidak semata terjadi begitu saja melainkan harus dengan pemikiran yang matang dalam hal matematis serta ilmu sains yang selaras dengan alam sekitarnya.

Penemuan Spektakuler
Dari tampilannya sendiri tampak sederhana dan tidak terlalu keren tapi dibalik dari bentuk yang sederhana tersebut menyimpan rahasia yang menakjubkan. Penemuan ini sendiri bisa di golongkan
sebagai robot karena bisa bergerak secara otomatis dan pergerakannya diatur secara elektronik yang terprogram dalam bentuk  Artificial Intellegent didalam robot tersebut. Secara spesifik robot tersebut berbentuk kubus yang memiliki rangka bahan alumunium dengan panjang sisi rangkanya 15 cm serta terdapat tiga roda yang berputar di dalam sisi robot kubus tersebut. Hasil karya ini dikembangkan oleh para peneliti di Universitas MIT.

Dengan kriteria tersebut robot kubus bisa berpindah ketempat lainnya dengan cara membalikan sisi-sisinya. Bahkan bisa berdiri seimbang hanya dengan salah satu sudut runcingnya. Dari semua semua pergerakan yang dilakukan oleh robot kubus tersebut dipengaruhi oleh tiga roda yang terdapat di dalam robot kubus tersebut. Secara teori prinsip kerja dari robot ini menggunakan ilmu fisika yaitu Momen Inersia yang telah dihitung secara akurat dengan matematis sehingga mempengaruh ke gerak robot kubus tersebut.

Cara Kerja Robot kubus
Robot ini tercipta dari ide sederhana yang didasari ilmu fisika yaitu Momen Inersia yang diterapkan diroda-roda dalam robot kubus tersebut. Upaya untuk menggerakan robot kubus dengan memutar roda dalam kubus dengan kecepatan tinggi lalu dihentikan secara mendadak sehingga menimbulkan efek momentum yang berpindah saat roda dihentikan secara mendadak serta menghasilkan gerak untuk robot kubus tersebut.

Pertama kali kita akan mengira suatu hal yang mustahil untuk menciptakan robot seperti itu tapi
dengan perhitungan matematis yang akurat, ilmu fisika yang singkron dengan robot kubus dan juga desain robot terbut sungguh akurat sehingga bukan suatu hal yang mustahil untuk membuat robot kubus yang bergerak dan seimbang dalam satu titik runcingnya.

sekian info yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat untuk teman-teman dan juga jangan bosan-bosan untuk tetap mengunjubgi blok saya yang berisi segala betuk teknologi.[Trims]
Previous
Next Post »