Mengatasi Komputer Lemot Karena RAM Penuh (Overload)

Teman-teman tekno yang saya hormati kali ini saya akan membagikan beberapa tips untuk mengoptimalkan kinerja memory RAM dalam komputer atau leptop. Sebelum menginjak ke dalam materi yang akan saya berikan alangkah baik teman-teman mengetahui dulu apa itu memory RAM? apa kegunaannya bagi komputer destop atau laptop? dan mungkin masih banyak lagi yang mungkin muncul dibenak teman-teman.

Memory RAM adalah singkatan dari "Random Access Memory" yang memiliki fungsi penting untuk membantu kinerja komputer atau laptop. Memory RAM sendiri bertugas sebagai tempat penyimpanan sementara yang termasuk salah satu memory utama dalam komputer atau laptop. Maksud dari tempat penyimpanan sementara adalah waktu komputer atau laptop dalam keadaan hidup memory RAM bertugas sebagai tempat penyimpanan sementara untuk proses menjalankan aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan di komputer atau laptop. Jadi bisa dikatakan bahwa memory RAM adalah media yang membantu kinerja sebuah komputer atau laptop dalam melakukan segala proses komputing.

Untuk zaman sekarang memory RAM rata-rata sudah mencapai 2 GB minimal yang terdapat di komputer maupun laptop tapi dengan memory RAM yang sebesar itupun terkadang masih kurang sehingga membuat komputer ataupun laptop yang teman-teman gunakan menjadi lemot kayak keong. Tapi boleh teman-teman ketahui bahwasanya dulu memory RAM kadarnya tidak sebanyak itu melainkan hanya sekitar beberapa MB saja jadi pada masa tersebut terkenal dengan istilah "SWAP" yaitu pengambilan memory hard disk sebagai memory RAM. Tapi teman-teman tidak usah memikirkan masalah "SWAP" karena kadar memory komputer atau laptop saat ini yang sudah mendukung bergiga-giga untuk satu memory RAM. Teman-teman cukup melakukan trik ini jika sedang mengalami keadaan "OVERLOAD" atau memory RAM penuh yaitu antara lain:

1. Menggunakan Task Manager
Cara ini termasuk cara yang paling mudah jika teman-teman mengalami suatu keadaan overload terhadap memory RAM. Task Manager akan menampilakn seluruh data aplikasi yang sedang berjalan baik itu pada layar utama atau yang sedang berjalan di background (Background Processe). 

Untuk menampilkan jendela atau tampilan task manager teman-teman dapat klik kanan pada taskbar di bawah layar lalu cari tulisan task manager. Perhatikan gambar persegi merah di bawah ini.


Ketika teman-teman melakukan perintah di atas akan muncul tampilan baru yaitu tampilan Task Manager yang berisikan berbagai aplikasi yang sedang berjalan maupun yang tidak. Baik itu berjalan
di layar utama maupun yang berjalan di background (Background Processe). Perhatikan gambar di bawah ini.


disini saya akan mencontohkan mematikan proses aplikasi yang sedang berjalan agar memory RAM tidak kepenuhan dengan cara pilih aplikasi yang akan di matikan prosesnya lalu klik kanan dan pilih "End Task" atau teman-teman bisa klik tombol "End Task" di bagian kanan bawah. Perhatikan gambar persegi merah di bawah ini.


2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga
Maksud dari aplikasi pihak ketiga adalah aplikasi yang teman-teman instal sendiri yang tidak termasuk aplikasi bawaan windows. Aplikasi yang bisa melakukan tugas pembersihan memory RAM antara lain aplikasi antivirus yang memiliki layanan tweak atau aplikasi pembersih memori lainnya seperti CCleaner.

Jika teman-teman sedang mengalami keadaan overload pastikan untuk cepat-cepat mematikan aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan dalam keadaan berhenti tidak bisa digerakkan sebaiknya langsung saja gunakan cara di atas untuk mematikannya agar tidak mengganggu proses aplikasi lainnya.

Sekian yang dapat saya sampaikan bila ada sesuatu yang masih butuh penjelasan bisa teman-teman hubungi saya di form komentar di bawah ini.  

Previous
Next Post »

20 comments

Click here for comments
24 January 2015 at 20:32 ×

Mantap dah artikelnya
Kebetulan ram laptop cuma 2GB :(

Reply
avatar
24 January 2015 at 20:40 ×

bisa di share gak gan?
bagian process yang tidak boleh di end task?
ane takut ke end task system :v

Reply
avatar
Unknown
admin
24 January 2015 at 20:59 ×

Senasip gan makanya ane pinter2 main ram.
heheh... :D

Reply
avatar
Unknown
admin
24 January 2015 at 21:04 ×

Thanks atas infonya, memang terkadang komputer lemot karena ramnya. Nice deh :)

Reply
avatar
Unknown
admin
24 January 2015 at 21:06 ×

Kalau ane pribadi g' ngusik2 sama sekali bagian Windows Processes di task manager lalu bagian Background Processes ane pilih bagian-bagian aplikasi yang ane pake untuk meminimalisir dari end proses system gitu gan.

Reply
avatar
Unknown
admin
24 January 2015 at 21:10 ×

sama2 gan, lihat2 juga artikel yang lainnya gan....

Reply
avatar
Unknown
admin
24 January 2015 at 21:13 ×

Kalo yang di task bar di end task semua gmna,,??
ada efeknya tidak

Reply
avatar
Unknown
admin
24 January 2015 at 21:43 ×

bisa-bisa windowsnya error gan g' bisa berfungsi karena system proses juga ikut di hentikan

Reply
avatar
Enkosa
admin
26 January 2015 at 00:58 ×

kunbal dari enkosa.com gan,, oke banget nih caranya ,,, iseng iseng benerin kompueter pake cara ini,, mantap gan

Reply
avatar
Unknown
admin
26 January 2015 at 09:38 ×

:-bd sip gan.....

Reply
avatar
26 January 2015 at 10:04 ×

Bener mas dulu mah susah cari yang diatas 1gb juga, alhamdulillahnya sekarang tersedia. Boleh jadi dengan kurangnya memory ram itu membuat beberapa aplikasi ga bisa dibuka secara bersamaan.

End task memang bagus buat mematikan aplikasi yang sedang error, asal jangan file sistem yang dihentikan bisa mempengaruhi kinerja komputer

Reply
avatar
Unknown
admin
26 January 2015 at 10:13 ×

:D lumayan nih :D RAM ane cman 1 GB :v wkwkw (y)

Reply
avatar
Unknown
admin
26 January 2015 at 10:39 ×

terimakasih gan atas tambahannya. :-d :-d :-d

Reply
avatar
Unknown
admin
26 January 2015 at 10:40 ×

:-bd ya gan dengan cara itu bisa memaksimalkan penggunaan RAM

Reply
avatar
Unknown
admin
26 January 2015 at 11:05 ×

Sip gan terimaksih. :)

Reply
avatar
Unknown
admin
10 January 2016 at 17:44 ×

Saya punya end task smua laptopku malah mati ni..trus gmana ni bos solusinya

Reply
avatar
Unknown
admin
21 February 2016 at 16:46 ×

restart aj lagi laptopnya nanti juga kembali seperti semula

Reply
avatar
Unknown
admin
6 October 2016 at 00:22 ×

gan kok penggunaan ram saya yang systemnya 700mb lbih padahal ga buka apa2

Reply
avatar