Cara Memperbaiki Micro SD Card Rusak Tidak Dapat Terbaca


Memory card adalah media untuk penyimpanan data berupa file. Memory card memiliki banyak jenis salah satunya adalah Micro SD card yang biasa digunakan oleh perangkat Handphone. 

Micro SD sendiri sudah menjadi barang yang sangat penting untuk masyarakat modern saat ini apalagi para pengguna device genggam seperti handphone, tablet, camdig maupun yang lainnya.

Karena Micro SD sudah menjamur ada diberbagai perangkat keras masa kini pasti teman-teman pernah merasakan masalah dengan Micro SD masing-masing seperti tidak terbaca oleh perangkat keras manapun contohnya handphone. Nah karena masalah tersebut, membuat saya ingin sekali membagikan pengalaman yang mungkin bisa digunakan oleh teman-teman untuk mengatasi Micro SD yang tidak terbaca. Untuk mempersingkat waktu langsung saja ke pokok pembahasan.

Cara Pertama :
1. Pastikan handphone sudah dalam keadaan mati.
2. Cabut Micro SD Card dari slot memory handphone lalu bersihkan bagian permukaan tembaga yang berwarna kuning pada Micro SD secara merata. Kenapa harus dibersihkan? karena biasanya Micro SD Card akan memiliki kotoran lengket yang menempel di bagian tembaganya karena tidak pernah di apa-apain selain hanya menancap di slot memory handphone.   
3. Jika Micro SD sudah dirasa cukup bersih dari kotoran-kotaran yang menempel, masukan kembali Micro SD Card ke dalam slot memory handphone.
4. kemudian restart handphone.

Cara Kedua :  
1. Jika cara pertama telah dilakukan dan masih tetap tidak terbaca, lakukan cara kedua yaitu dengan mematikan handphone.
2. Perhatikan baik-baik letak Micro SD Card di slot memory handphone apakah sudah benar ataupun belum, biasanya terjadi kesalahan saat memasang Micro SD Card yang tidak lurus bahkan sampai terbalik antara bagian bawah dengan atas.
3. Setelah dirasa cukup, restart kembali handphone

Cara Ketiga :
1. Keluarkan Micro SD Card dari handphone lalu masukan ke dalam cardreader atau modem yang memiliki slot memory untuk Micro SD Card setelah itu tancapkan ke USB komputer ataupun laptop.
2. Teman-teman masuk ke Windows explorer lalu klik drive memory card seperti di drive (F:),(G:),(H:) atau (I:) tergantung banyaknya partisi harddisc komputer atau laptop teman-teman.
3. Pada menu tab teman-teman pilih "tools" setelah itu klik "check now".
4. Lalu teman-teman bisa lakukan centang atau checklist pada pilihan "automatically check system" dan "scan for and attempt recovery of bad sector" setelah itu tunggu hingga proses selesai.
5. Jika proses sudah selesai, teman-teman bisa langsung eject drive memory dari komputer atau laptop dan masukan kembali Micro SD Card ke dalam handphone lalu restart.
   
Cara Keempat (Resiko seluruh data terhapus) :
1. Jika Micro SD Card tetap tidak dapat terbaca maka teman-teman masukan kembali Micro SD Card ke dalam cardreader atau modem lalu tancapkan kembali ke komputer ataupun laptop.
2. Pencet tombol bergambar windows dan E secara bersamaan di keyboard lalu cari drive (F:),(G:),(H:) atau (I:) maupun yang lainnya tergantung dari banyaknya partisi hardisc teman-teman yang kira-kira adalah isi dari cardreader atau modem yang ditancapkan tadi lalu klik kanan dan pilih "Format" lalu klik tombol "Start" dan tunggu proses format selesai.
3. Jika proses format selasai, eject cardreader ataupun modem dari komputer atau laptop lalu pasangkan kembali Micro SD Card yang telah diformat tadi ke dalam handphone lalu restart.
   
Jika seluruh cara diatas sudah dilakukan dan tetap saja Micro SD Card tidak dapat terbaca maka bisa diambil kesimpulan bahwa Micro SD Card teman-teman sudah rusak permanen dan tidak dapat dikembalikan lagi.

Sekian artikel yang dapat saya bagikan ke teman-teman, bila ada sesuatu yang masih kurang dimengerti, bisa ditanyakan ke form komentar di bawah ini.Terimaksih...
Previous
Next Post »

16 comments

Click here for comments
Kreatif Grub
admin
22 January 2015 at 18:04 ×

memang micro-sd skrg gampang rusak mas,tiba-tiba gak kebaca aja. saya juga sering ngalami hal seperti ini.

Reply
avatar
Abdussalam
admin
22 January 2015 at 19:27 ×

thank's info nya

sangat berguna

Reply
avatar
Unknown
admin
23 January 2015 at 00:34 ×

ya mas makanya saya langsung share triknya biar bisa langsung bermanfaat

Reply
avatar
Unknown
admin
23 January 2015 at 00:34 ×

sama2 gan jangan lupa mampir lagi

Reply
avatar
Unknown
admin
26 January 2015 at 13:50 ×

makasih mas infonya, sewaktu-waktu kalau MICRo sya rusk bisa pkai cara ini deh.

Reply
avatar
Unknown
admin
26 January 2015 at 14:05 ×

Sip gan. bisa cek2 yang lainnya juga loh....
heheh

Reply
avatar
Unknown
admin
26 January 2015 at 14:18 ×

bagaimana kalau microSD sdh tidak terdetek oleh prangkat? baik di komputer maupun di HP??
tidak ada tanda" klo msh hidup,,,

Reply
avatar
prima
admin
26 January 2015 at 14:25 ×

kalo saya baru rusak tu bisa di hp 2 tapi ga bisa di hp 1
microsd hp 2 di coba di hp 1 bisa dan micro sd hp 1 dicoba di hp 2 bisa
bingung dah lu :D

Reply
avatar
Unknown
admin
26 January 2015 at 14:32 ×

kalau ane 2 dua cara gan yang pertama bisa pake aplikasi pihak ketiga tapi ane lupa namanya lalu kalau masih tetap tidak dapat dibaca bearti Micro SD benar2 rusak permanen tanpa bisa diperbaiki. Semoga memuaskan pertanyaan agan. :)

Reply
avatar
Unknown
admin
26 January 2015 at 14:39 ×

Kalau hal seperti itu sama belum pernah nemuin gan. biasanya itu masalahnya karena slot memory hp yang error tpi tidak dapat digunakan untuk memory lain alias sama aj kalau pake microSD lain. Nanti akan saya carikan tutorialnya agar dapat membantu masalah agan.
:)

Reply
avatar
Syafri
admin
26 January 2015 at 14:52 ×

makasih gan infonya, ada gak cara ngatasin yg write-protect?

Reply
avatar
Unknown
admin
26 January 2015 at 15:23 ×

sebenarnya ada banyak cara untuk mengatasi hal tersebut salah satunya pake SD Card Adapter lalu mainin tombol switch write protected/lock di SD Card Adapternya. biasanya bisa.
:)

Reply
avatar
Unknown
admin
30 March 2016 at 21:05 ×

Punya saya micro sd samsung, ndak tau kenapa tapi pagi ini tiba2 tidak terdeteksi di hp dan makan saya coba di laptop juga tidak terdeteksi. Tolong pencerahan gan, terima kasih

Reply
avatar
Unknown
admin
30 March 2016 at 21:06 ×

Punya saya micro sd samsung, ndak tau kenapa tapi pagi ini tiba2 tidak terdeteksi di hp dan makan saya coba di laptop juga tidak terdeteksi. Tolong pencerahan gan, terima kasih

Reply
avatar
Unknown
admin
25 September 2017 at 17:32 ×

kalo yang hilang driver dari mmc a gmn cara ngembalikan gan ?

Reply
avatar