Cara Mudah Memperbaiki Hard Disk Bad Sector Dengan Aplikasi Bawaan Windows

Hard Disk Bad Sector adalah keadaan dimana piringan atau platter hard disk tidak dapat diproses oleh sistem ataupun gagalnya sistem operasi untuk mengakses data dari hard disk. Keadaan seperti ini sangat merugikan teman-teman karena dalam keadaan laptop atau komputer terkena Hard Disk Bad Sector kinerja laptop atau komputer akan lelet alias lambat bahkan parahnya efek yang diterima karena Hard Disk Bad Sector adalah laptop atau komputer tidak dapat dihidupkan kembali karena kerusakan permanen.

Hard Disk Bad Sector memiliki 2 jenis antara lain adalah Hard Bad Sector atau Physical Bad Sector dan Soft Bad Sector atau Logical Bad Sector. Dari kedua jenis Hard Disk Bad Sector tersebut, Soft Bad Sector atau Logical Bad Sector lah yang masih dapat diselamatkan dengan berbagai cara salah satunya dengan menggunakan aplikasi bawaan Microsoft Windows yaitu "Chkdsk". Sedangkan Hard Disk Bad Sector tipe Hard Bad Sector atau Physical Bad Sector adalah tipe kerusakan permanen 
yang diakibatkan oleh "Head Crash" yaitu keadaan dimana head dalam Hard Disk mengalami kontak dengan platter atau piringan Hard Disk yang mengakibatkan rusaknya piringan Hard Disk. Jika laptop atau komputer teman-teman terkena kerusakan Hard Bad Sector atau Physical Bad Sector 
minim kemungkinan data-data yang telah tersimpan dapat diselamatkan kembali.

Untuk mengatasi Hard Disk Bad Sector yang tipe dua yaitu Soft Bad Sector atau Logical Bad Sector, saya akan membagikan tipsnya dengan menggunakan salah satu aplikasi bawaan Microsoft Windows yaitu "Chkdsk". Dalam peragaannya saya menggunakan Microsoft Windows 8.1. Jika teman-teman menggunakan windows versi lain tidak masalah sebab windows 8.1 ke bawah dalam penggunaan tips ini langkahnya sama.

1. Teman-teman masuk ke windows explorer atau bisa gunakan tombal yang bergambar windows + E pada keyboard maka tampilannya seperti gambar di bawah ini.


2. Klik kanan pada Hard Disk yang akan di cek, lalu pilih "Properties". Dalam contoh saya menggunakan "Local Disk (D:)". Perhatikan gambar lingkaran merah di bawah ini.


3. Klik tombol "Tools" lalu klik tombol "Check". Perhatikan gambar lingkaran merah di bawah ini.


4. Ketika teman-teman sudah melakukan tahap 3, teman-teman akan dihadapkan dengan tampilan baru atau popup mengenai kondisi dari Hard Disk yang dicek tadi. Karena Hard Disk yang saya cek tidak memiliki kesalahan ataupun kerusakan maka tampilan tulisan keterangannya mengenai tidak adanya error dalam Hard Disk yang sedang dicek. Teman-teman bisa langsung klik "Cancel" tapi jika masih ingin dilakukan pengecekan teman-teman tinggal klik tulisan "Scan drive". Perhatikan gambar persegi merah di bawah ini.


Setelah teman-teman melakukan Scan Drive maka komputer atau laptop akan secara otomatis merestart.

INGAT! Waktu proses pengecekan Hard Disk yang dibutuhkan sangat lama sehingga sangat dianjurkan teman-teman untuk melakukan pengecekan Hard Disk ketika laptop atau komputer 
tidak sedang digunakan.

Sekian dulu yang dapat saya bagikan mengenai cara memperbaiki Hard Disk yang terkena Bad Sector tipe Soft Bad Sector atau Logical Bad Sector. Jika teman masih bingung dan masih banyak pertanyaan yang ingin ditanyakan bisa hubungi saya melalui form komentar di bawah ini. Terimakasih... 

Previous
Next Post »

15 comments

Click here for comments
Unknown
admin
22 January 2015 at 21:54 ×

Wah ijin bookmark dulu om :D

Reply
avatar
Unknown
admin
22 January 2015 at 23:25 ×

makasih gan jangan bosan2 mampir gan

Reply
avatar
Unknown
admin
23 January 2015 at 13:46 ×

setau ane, Harddisk bad sektor jalan satu2nya cmn lembiru gan CMIIW

Reply
avatar
Unknown
admin
23 January 2015 at 20:18 ×

Kalau hardisk bad sector yg physical apa tidak dapat di perbaiki gan? Nasib kalau tidak dapat diperbaiki ni.

Reply
avatar
Abdussalam
admin
23 January 2015 at 22:32 ×

thank's info nya gan

Reply
avatar
Unknown
admin
23 January 2015 at 22:38 ×

Y gan kalau hard disk bad sectornya yang physical alias rusak fisik, kalau yang ane bahas di atas yang rusak karena error data atau error system yang masih bisa di perbaiki dengan berbagai cara pake aplikasi, cmd atau pake cara ane yang di atas :)

Reply
avatar
Unknown
admin
24 January 2015 at 23:25 ×

Boleh juga ni triknya
Terbaik lah (Y)

Reply
avatar
Unknown
admin
24 January 2015 at 23:31 ×

thanks gan. bisa cek2 artike yang lainnya gan. :)

Reply
avatar
Anonymous
admin
26 January 2015 at 05:35 ×

Tutorialnya lumayan sederhana namun mudah buat dipelajari..

Jika berkenan, silahkan mampir ke blog sederhana ini http://puloblog.blogspot.com

Reply
avatar
Unknown
admin
26 January 2015 at 08:10 ×

trims gan mudah2an membantu.
masih banyak lagi tutorial yang lainnya bisa di liat2 aj.

Reply
avatar
arbi
admin
26 January 2015 at 10:38 ×

yang saya tau selama ini pakai aplikasi pihak ketiga.. ternaya bisa yah windows sendiri... makasih gan tips nya...

Reply
avatar
Ono Suswono
admin
26 January 2015 at 13:01 ×

Hadir gan..
Ono suswono

Reply
avatar
Unknown
admin
26 January 2015 at 13:45 ×

Sip gan, jangan bosan2 mampir lagi

Reply
avatar