Cara Jitu Menghadapi Memory SD Card Terkena "Disk Write Protected/Lock"


Berjumpa kembali dengan teknoplur.blogspot.com yang senantiasa mencoba untuk update segala hal tentang dunia digital maupun IT yang berguna bagi dunia.

Teman-teman tekno yang saya hormati kali ini saya akan membagikan beberapa tips yang sangat berguna bagi para pengguna devise portable seperti HP, Handicam, kamera digital dan lain sebagainya yang memilki hubungan dengan memory SD Card dkk yaitu cara mengatasi "Disk Write Protected". 

Disk write protected adalah suatu keadaan memory SD Card yang filenya tidak dapat diedit, dihapus dan dicopy karena memory telah terprotect atau terkunci. Ketika teman-teman tekno menemukan hal semacam ini pasti akan timbul rasa mangkel karena teman-teman tekno hanya dapat membaca isi tanpa bisa menghapus, mengcopy maupun mengedit file yang ada di dalam SD Card dkk. Untuk mengatasi hal tersebut saya ada solusinya antara lain adalah

1. Menggunakan Memory SD Card Switch Protected/Lock
Ketika teman-teman tekno menggunakan Micro SD dengan SD Card Adapter pasti akan menemukan tombol geser switch protected/Lock yang akan mengunci memory Micro SD. Dengan memainkan fungsi switch protected/Lock teman-teman tekno dapat membukan SD Card yang terprotect disk write protected".

2. Cabut Colok, Cabut Colok dan Cabut Colok
Kenapa saya menamakan trik ini dengan istilah cabut colok karena dalam proses ini teman-teman tekno akan melakukan kegiatan cabut colok pada SD Card Adapter yang berisikan Micro SD Card. Ketika langkah pertama tidak membantu untuk menghilangkan fungsi disk write protected, teman-teman tekno dapat menggunakan cara ini yaitu ketika SD Card Adapter tertancap langsung saja cabut tanpa harus dilakukan eject terlebih dahulu sampai disk write protectednya hilang.
INGAT!!! trik ini rawan merusak Micro SD jadi jangan terlalu banyak menggunakan trik ini.

3. Gunakan Modem
Ketika cara pertama dan kedua tidak berhasil teman-teman tekno bisa gunakan modem. Banyak dari teman-teman saya yang berhasil menggunakan cara ini dengan memasukan memory Micro SD kedalam slot memory yang ada di modem lalu colokkan ke PC atau ke laptop. Jika masih belum hilang disk write protectednya teman-teman tekno uninstal terlebih dahulu aplikasi modemnya lalu instal kembali aplikasi modem dimana memory Micro SD masih tertancap di dalam modem. Biasanya dengan melakukan hal tersebut barulah memory Micro SD dapat terbaca tanpa ada disk write protectednya lagi.

Ketika memory SD Card dicabut tanpa dilakukan eject terlebih dahulu rawan untuk rusak bahkan terjebak dalam disk write protected. Untuk menghindari hal tersebut teman-teman tekno sebaiknya eject dahulu memory SD Card agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Dengan 3 cara yang telah saya sampaikan mudah-mudahan membereskan semua masalah teman-teman teknno tentang memory SD Card dkk yang terkena disk write protected alias seluruh file yang ada dalam SD Card tidak dapat dihapus, edit dan copy melainkan hanya dapat dilihat atau dibaca saja.

Sekian yang dapat saya sampaikan, jika teman-teman tekno masih bingung dalam penggunaan triknya bisa hubungi saya di form komentar di bawah ini.
Previous
Next Post »

31 comments

Click here for comments
Unknown
admin
28 January 2015 at 21:30 ×

ane seringin gan, makasih ya gan tips nya , biasanya sering cabut colok-_-

Reply
avatar
Unknown
admin
28 January 2015 at 21:52 ×

:-d top gan mampir yo..

Reply
avatar
Unknown
admin
29 January 2015 at 03:44 ×

mantap :D ini yang saya cari gan, akhirnya ketemu juga nih :D makasih gan

Reply
avatar
Unknown
admin
29 January 2015 at 13:57 ×

Ya gan. Perangkat portable apapun yang sering cabut colok tanpa Layanan pencbutan emang buruk untuk perangkat.

Reply
avatar
Unknown
admin
29 January 2015 at 13:59 ×

Sip semoga bermanfaat.
Jika butuh trik2 lain bisa cek lagi di blog ini gan.

Reply
avatar
Unknown
admin
31 January 2015 at 11:54 ×

bermanfaat sekali bro,ini yang saya cari dari dulu dulu

Reply
avatar
Unknown
admin
31 January 2015 at 12:14 ×

nice post :D
buat menambah pengetahuan..

Reply
avatar
Unknown
admin
31 January 2015 at 12:16 ×

sip gan, moga bermanfaat.

Reply
avatar
Unknown
admin
31 January 2015 at 12:19 ×

oke gan barangkali nanti nemuin penyakit kayak gitu. hehehe......... =D

Reply
avatar
Denai
admin
31 January 2015 at 13:38 ×

tak nyimak wae gan

Reply
avatar
Unknown
admin
1 February 2015 at 14:56 ×

ojo lali karo nyruput kopine bro.....
:D :D :D

Reply
avatar
Unknown
admin
19 April 2015 at 13:08 ×

ane udah nyoba semua cara gan tapi tetap aja micro sd ane gak bisa terformat alias write protect, ane coba modem format complete tapi pas ane coloh di card reader atau HH semua filenya kembali lagi gan

mohon solusinya gan!
asal jgn solusi buang aja gan!

Reply
avatar
Dini
admin
26 June 2015 at 07:59 ×

Thanks gan, sangat bermanfaat :-bd

Reply
avatar
Unknown
admin
14 August 2015 at 18:53 ×

Sip. Jangan lupa lihat-lihat artikel yang lainnya ya.....

Reply
avatar
Unknown
admin
20 October 2015 at 05:26 ×

Gak bisa gan... hadeh

Reply
avatar
Unknown
admin
20 October 2015 at 05:26 ×

Gak bisa gan... hadeh

Reply
avatar
Unknown
admin
30 December 2015 at 18:58 ×

kalau ketiga cara diatas g' bisa juga ya.... memang sudah g' dapat diselamatkan lagi gan.

Reply
avatar
adiikhsanm
admin
17 May 2016 at 08:51 ×

Gan kalo tombol geser di micro SD nya lepas (hilang) masih bisa diselamatkan gak gan?

Reply
avatar
adiikhsanm
admin
17 May 2016 at 08:52 ×

Gan kalo tombol geser di micro SD nya lepas (hilang) masih bisa diselamatkan gak gan?

Reply
avatar
Timo
admin
16 June 2016 at 17:16 ×

klo ane pake pengapus gan,terus ane gosokin ke kuning"nya.berhasil deh,gak kekunci lgi

Reply
avatar
AMORPHIA
admin
17 June 2016 at 09:05 ×

Saya sudah coba semua cara tapi ga berhasil... Saya punya sdhc sandisk 32GB terakhir cara yang saya pakai dengan card reader saya msukkan kedalam dslr canon (saya punya 60D ) kemudian saya pilih setting - format (jangan lupa centang low level format) ditunggu sebentar akhirnya sd card berjalan normal seperti biasa saat digunakan di pc juga tidak write protection lagi bisa copy paste seperti biasa.. -senang bisa membantu-

Reply
avatar
Tasyim
admin
13 April 2017 at 12:08 ×

OK, ternya nomr 2 berhasil..... matur tengyu gan

Reply
avatar
sukri
admin
26 April 2017 at 21:08 ×

lock memory itu yg terbuat dari aluminium kecil itu ya.
tapi punya ane lock memorynya bukan yg geser tapi yang tetap.kalo masukin memori yg tinggal masukin

Reply
avatar
sukri
admin
26 April 2017 at 21:15 ×

cara 1 maksudnya gimana.gk ngerti
dan cara 3 itu modem apa flashdisk

Reply
avatar
ocii LN
admin
10 May 2017 at 14:07 ×

Saya mau tanya kenapa saat buka kamera di lcdnya itu di tulis is write protected terus gimana caranya biar bisa digunakan lagi??karna saya tidak dapat menghapus dan mengambil gambar

Reply
avatar
ocii LN
admin
10 May 2017 at 14:08 ×

Saya mau tanya kenapa saat buka kamera di lcdnya itu di tulis is write protected terus gimana caranya biar bisa digunakan lagi??karna saya tidak dapat menghapus dan mengambil gambar

Reply
avatar
Idien
admin
9 July 2017 at 15:33 ×

File di hapus kehapus ketika sdcard di cabut ternyta kembali lagi, sdh berbagai cara format tidak bisa, cmd tidak bisa, disk managemen tdk bsa, pke apklikasi2 format tdak bisa jga, sdcard di android kebaca normal cma hpus file balik lgi blik lagi, di buka lwat esmanager anehnya ada folder kpstsnya smpe 2tb pdhal sdcard kpasitas cma 32 gb,, rusak apa gmana nih gan sdcard ane.

Reply
avatar
simanis ^^
admin
5 August 2019 at 12:54 ×

"NAGAQQ | AGEN BANDARQ | BANDARQ ONLINE | ADUQ ONLINE | DOMINOQQ TERBAIK

Muak Kalah Terus ? Dicurangi Admin dan Robot ?
Mari gabung di NagaQQ Situs 100% No Bot dijamin MENANG.

TANPA ROBOT DAN TANPA ADMIN YANG IKUT BERMAIN.

Tersedia 5 Jenis Permainan Dalam 1 Akun :
=> 1.Poker
=> 2.Bandar Poker
=> 3.Domino99
=> 4.BandarQ
=> 5.Bandar66

==> 100% Member vs Member.

Promo :
=> Bonus Refferal 10% + 10% seumur hidup
=> Bonus Turn Over 0,5%
=> Minimal Depo 15.000
=> Minimal WD 20.000

Pelayanan dan Sistem :
=> 100% Member Asli
=> Pelayanan DP & WD 24 jam
=> Livechat Kami 24 Jam Online
=> Bisa Dimainkan Di Hp Android & Iphone

Kami Menyediakan 6 Bank Lokal :
BCA - BNI - Mandiri - BRI - Danamon - CIMB Niaga

Untuk Pendaftaran, Silakan Kunjungi :
WWW.NAGAQIUQIU.INFO

Contact :
WHATSAPP : +855967014811
LINE: Cs_nagaQQ
TELEGRAM: +855967014811"












Reply
avatar