10 Tips Jitu Merawat Laptop Berbagai Merek


Zaman sekarang yang namanya laptop sudah menjadi barang wajib untuk para remaja apalagi para mahasiswa dan mahasiswi pasti pada punya laptop. Bahkan sekarang anak-anak yang notabene masih bau kencur aja udah pada punya laptop pribadinya sendiri ngga kayak zaman saya dulu anak kecil mah pegangannya kalau ngga tanah ya air. Heheh zaman bahula dulu.

Karena berjamurnya laptop (Bukan jamur yang biasa tumbuh di kulit loh...) seakan-akan laptop sudah bukan barang yang istimewa lagi tapi masih banyak juga yang menganggap laptop sebagai barang yang sangat, sangat, sangat penting bahkan bisa dibilang kayak kekasih atau teman karib kita. Karena perasaan tersebut membuat kebanyakan pemilik laptop sangat berhati-hati dalam penggunaan maupun perawatan. Maka dari itu saya akan sedikit share tentang "10 Tips Jitu Merawat Laptop Berbagai Merek". Diharapkan dengan adanya tips ini teman-teman bisa lebih menyayangi kekasih maupun teman karib teman-teman yaitu laptop kesayangan yang teman-teman miliki. Untuk mempersingkat waktu langsung saja kita menuju ke TKP (Kayak kriminal aja TKP. Hehehe...)

1. Instal OS Asli
kebanyakan dari kita apalagi orang Indonesia menggunakan OS bajakan apalagi windaws pasti bajakan. Heheh... kayak saya. Dianjurkan si menggunakan OS yang asli sebab OS asli pasti memiliki kelebihan yang tak dapat dimiliki oleh OS bajakan tapi kalau kepepet ngga ada modal ya bisa menggunakan OS Linux kan gratis tu tapi kalau ngga suka bisa juga pakai OS bajakan seperti Windows.

2. Beri Istirahat 
Karena kebanyakan laptop adalah multifungsi sehingga sering digunakan tanpa adanya waktu istirahat. Contoh setelah kita mengerjakan tugas pasti sudah pusing tu lalu kita lanjutkan dengan hiburan di laptop mau itu buat nonton, musik atau browsing tanpa kita sadari laptop sudah lama banget digunakan tanpa ada istirahat. Sebaiknya kebiasaan ini dihentikan sebab laptop juga butuh istirahat kayak manusia kalau tidak laptop bisa terbakar.

3. Jangan Sembarangan Menaruh Laptop
Karena laptop itu simple apalagi netbook lebih enteng membuat kita asal menaruh saja saat menggunakannya bisa mengakibatkan laptop cepat panas, tempat-tempat rawan tesebut antara lain atas kasur atau tempat-tempat yang empuk yang bisa menutupi lubang fentilasi udara laptop. Akibatnya bisa membuat laptop cepat panas bahkan parahnya bisa terbakar kalaupun tidak akan mempengaruhi kecepatan laptop dalam mengeksekusi data.

4. Cooling Pad
Usahakan teman-teman mempunyai cooling pad yang berfungsi untuk mendinginkan laptop. Bentuknya si kayak kipas tapi berbentuk landasan buat laptop dan ini sangat dianjurkan.

5. Jaga Kebersihan
Jangan kira hanya tubuh kita saja yang butuh dibersikan terus laptop juga harus. Bersihkan laptop secara teratur dari debu maupun kotoran-kotoran lainnya. Kalau bisa teman-teman bersihkan kipas laptop yang ada di dalam laptop sebab kipas atau fan yang terpakai cukup lama pasti akan tertutupi oleh debu. Oleh karena itu sebaiknya dibersihkan agar fentilasi udara laptop tetap sempurna.

6. Jaga Baterai
Bagian ini teman-teman sebaiknya jangan sampai kelewatan karena menjaga daya baterai sangat penting untuk menjaga agar harddisk tidak mengalami kematian atau berhenti mendadak takutnya harddisk bisa rusak. Menjaga daya baterai juga bermanfaat untuk laptop dan baterai teman-teman agar tetap awet.

7. Asal Instal Aplikasi
Jangan sekali-kali teman-teman asal-asalan mengistal aplikasi sebab aplikasi yang terinstal bisa merusak laptop kita jika memang aplikasi tersebut adalah virus atau malware. Saran buat teman-teman, katahui terlebih dahulu aplikasi apa yang kita instal kalau bisa scan dulu master aplikasinya dengan antivirus paling top punya teman-teman.

8. Jauhkan Dari Alat Elektronik lainnya
Kebanyakan teman-teman pasti memiliki banyak perangkat aksesoris laptop antaranya pasti soundsystem. Sebaiknya teman-teman jauhkan alat-alat elektronik yang memancarkan gelombang elektronik seperti soundsystem dan pansel. Sebab elektronik tersebut bisa mengganggu daya kerja laptop apalagi speaker internal laptop bisa mengalami gangguan parahnya bisa rusak.

9. Jangan Bergerak
Maksut dari jangan bergerak adalah ketika laptop masih dalam keadaan menyala diusahakan untuk tidak digerak-gerakan karena bisa merusak harddisk laptop teman-teman. Walaupun kemampuan laptop berbeda-beda dalam daya tahan terhadap getaran tapi alangkah baiknya kita untuk berhati-hati agar tidak terjadi sesuatu hal yang tidak kita inginkan.

10. Jangan Meletakan Barang Di Atas Laptop
Jangan sekali-kali teman-teman meletakkan barang di atas laptop ketika dalam keadaan layar ditutup karena bisa berakibat fatal untuk monitornya yaitu bisa pecah. Kalau monitor sudah pecah maka hanya dua kemungkinannya beli laptop baru atau ganti monitornya tapi harus diingat harga monitor laptop cukup mahal jadi saya sarankan untuk berhati-hati saja agar tidak terjadi sesuatu.

Sekian "10 Tips Jitu Merawat Laptop Berbagai Merek" yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat dan yang terpenting teman-teman jangan bosan untuk berkunjung ke teknoplur.blogspot.com yang senantiasa mengupdate semua tentang teknologi.
Previous
Next Post »