8 Langkah Jitu Merawat Baterai Laptop


Duduk santai sambil ditemani secangkir kopi memang sangat nyaman, mungkin itu yang teman-teman lakukan pada saat ini. Saya pribadi termasuk penggemar kopi tapi tidak maniak si, Heheh....
hanya sebatas menikmati saja, itung-itung buat penangkal ngantuk. Sekarang saya bukannya mau membahas bagaimana rasanya kopi? Kopi apa yang paling enak? saya kira teman-teman lebih tau bagaimana itu semua tapi yang akan saya share ke teman-temanku yang baik hati adalah "8 Langkah Jitu Merawat Baterai Laptop".

mungkin teman-teman sudah geregetan (Kayak lagunya Mba' Sherina aja, Geregetan) untuk mengetahui bagaimanakah langkah-langkah jitu yang akan saya bagikan ke teman-teman, untuk mempersingkat waktu langsung saja saya bagikan tipsnya, cheke dot...

1. Baterai Baru
Untuk Laptop/Netbook yang baru turun dari toko alias baru beli usahakan untuk mengisi dayanya kurang lebih 4-6 jam kalau tidak segitu sampai penuh juga g' apa-apa. Karena baterai dari laptop/netbook baru belum pernah terpakai jadi alangkah baiknya untuk mengisi dayanya sesuai dengan yang saya tulisankan tadi.

2. Suhu Normal
Usahakan laptop/netbook dalam keadaan tidak terlalu panas atau tingkat suhunya masih dalam kategori normal karena semakin panas laptop/netbook semakin besar juga dampak negatif terhadap baterai maupun laptop/netbook teman-teman.

3. Lama Tidak Terpakai
Jangan sekali-kali mendiamkan/tidak menggunakan baterai laptop/netbook kita dalam waktu yang cukup lama karena baterai laptop/netbook yang sudah terpakai akan rusak bila tidak digunakan dalam waktu lama. Pengalaman temanku sendiri netbook lama tidak digunakan netbooknya jadi rusak padahal sebelumnya ok-ok aja.

4. Colokin Charger
Ini yang paling sering dilakukan teman-teman, main game sambil menancapkan charger baterai. Padahal kebiasaan ini bisa membuat baterai jadi tidak tahan lama lagi. Tapi jangan juga karena masalah itu teman-teman main game laptop/netbook tanpa baterai langsung tancap charger itu bisa lebih fatal untuk laptop/netbooknya sendiri. Teman-teman bisa memilih sayang sama baterai atau laptop.

5. Low Power 0%
Jangan sekali-kali teman-teman menggunakan laptop/netbook sampai kehabisan daya baterai karena jika laptop/netbook digunakan sampai mati kehabisan daya bisa menyebabkan kerusakan terhadap baterai dan laptop/netbook juga. Jadi usahakan isi daya baterai ketika sudah masuk tahap 10% atau sampai ada peringatan law Baterai.

6. Atur Daya Baterai
Setiap laptop/netbook pasti memiliki aplikasi atau fungsi power management. Bisa teman-teman temukan dibagian pojok kanan bawah gambar baterai klik kanan lalu pilih power options. Dalam menu itu teman-teman akan menemukan pilihan Balanced dan Power Saver pilih sesuai dengan
kebutuhan.

7. Jangan Sering-Sering Shut Down
Karena bila laptop/netbook di shut down maka ketika akan dihidupkan kembali laptop/netbook
membutuhkan daya yang cukup besar sehingga bisa menguras baterai teman-teman. Saya anjurkan
untuk menggukan Sleep atau Hibernate karena hanya butuh waktu lumayan cepat dan tidak terlalu membutuhkan daya yang besar untuk menghidupkan laptop/netbook kembali.

8. Tetap Kering
Bagian ini sudah menjadi hal wajib untuk baterai maupun elektronik lainnya yaitu jauhkan dari air atau suhu lembab karena bisa merusak baterai. Seumpama baterai terkena air pun masih bisa digunakan kembali jika langsung dikeringkan jangan digunakan ketika masih basah tapi performa baterai tidak akan sama sewaktu belum terkena air.

Itulah langkah-langkah jitu yang dapat membuat baterai teman-teman awet dan tahan lama dayanya sebenarnya masih banyak lagi tips-tips untuk merawat baterai laptop/netbook kita dari kerusakan tapi langkah-langkah diatas sudah mencangkup dari keseluruhannya.

Semoga artikel saya bermanfaat untuk teman-teman. Jangan bosan-bosan untuk mengunjungi blog saya karena saya akan mengupdate artikel tentang semua teknologi yang dapat membantu teman-teman semuanya. Selamat siang dan sampai jumpa kembali.
Previous
Next Post »