6 Cara Jitu Perawatan Flashdisk


Malam yang dingin ini saya akan memberikan sedikit tips tentang bagaimana cara untuk merawat sebuah flashdisk kesayangan. Flashdisk sebenarnya hampir sama dengan memory-memory yang ada diberbagai perangkat keras seperti harddisk di komputer atau laptop, microSD di handphone dan lain sebagainya.

Flashdisk sendiri memiliki banyak sekali jenis kapasitas penyimpanannya dari mulai 4 GB, 8GB, 16 GB dan seterusnya. Dari semua kapasitas memiliki bermacam-macam kecepatan baca maupun tulis data. Untuk kecepatan data biasanya dipengaruhi banyak hal dari kemampuan pemprosesan slot atau port USB yang digunakan, kapasitas memory penyimpanan data flashdisk dan merek juga berpengaruh.

Dari semua perangkat keras termasuk flasdisk mempunyai batas maksimal penggunaan. Jadi flashdisk juga bisa cepat rusak jika kita salah dalam penggunaannya. Maka dari itu saya akan share sedikit tentang bagaimana cara perawatan flashdisk yang baik seperti di bawah ini.

1. Pastikan Merek Flashdisk Asli
Banyak sekali merek flasdisk yang terkenal dan berkualitas seperti Kingstone, Samsung, Toshiba dan lain sebagainya tapi terkadang hanya digunakan beberapa bulan bahkan hari flasdisk sudah rusak, kemungkinan flasdisk milik teman-teman palsu atau biasa disebut bajakan. Jadi saya sarankan belilah flasdisk yang Ori agar terhindar dari kerugian.

2. Jangan Menyimpan Data Terlalu Banyak
Kenapa kita tidak boleh menyimpan data terlalu banyak bahkan sampai flasdisk penuh karena dengan keadaan flashdisk anda penuh akan memperberat kinerja dari flashdisk dalam memproses data sehingga umur flasdisk pun akan cepat berkurang.

3. Gunakan Fitur Pelepasan yang Ada Di Sistem Operasi Komputer
Banyak dari teman-teman yang malas untuk melakukan hal ini yaitu layanan Eject untuk flasdisk karena malas ribet mungkin tapi dengan kita melakukan hal tersebut akan merusak flasdisk kita bahkan data yang sedang tersambungpun akan rusak jika kita melakukan pencabuta secara paksa tanpa melakukan eject pada flashdisk.

4. Jangan Edit Data Di Flashdisk
Sebab kemampuan edit data flasdisk lebih lambat daripada kecepatan baca datanya. Jadi jika kita sering-sering melakukan edit data di flashdisk maka kebiasaan tersebut akan memperpendek umur flasdisk kesayangan teman-teman. Saran saya copy dulu data yang akan dilakukan pengeditan, baru edit data yang telah dicopy lalu pastekan hasil editan yang telah jadi ke flashdisk kembali.

5. Simpan Flashdisk Di Tempat yang Kering
Bagaimanapun flashdisk adalah barang elektronik yang tidak tahan terhadap cairan dan juga suhu penyimpanan yang lembab sebab bisa membuat flasdisk teman-teman cepat rusak kalau tidak keceptan baca flasdisk berkurang.

6. Cabutlah flasdisk Ketika Selesai Digunakan
Seumpama teman-teman sudah selesai menggunakan flashdisk lalu melakukan proses Eject tapi flasdisk tidak langsung dicabut itu akan memperpendek umur flasdisk  karena walaupun flashdisk sudah di Eject tapi masih tertancap di slot atau port USB maka flasdisk akan tetap dialiri listrik. Maka dari itu sebaiknya flashdisk langsung dicabut jangan terlalu lama menamcapkan di port USB.

Sekian tips yang bisa saya sampaikan, semoga menjadi referensi untuk teman-teman dalam merawat flasdisk kesayangan. Saya harapkan untuk teman-teman tidak bosan-bosan untuk tetap mengunjungi blog Teknoplur.blogspot.com yang berusaha untuk update setiap saat.

 
Previous
Next Post »